Ads by SITTI

Monday, July 8, 2013

Pemilihan Kades di Musi Rawa Gunakan System e-Voting

Inovasi penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada pemilihan Kepala Desa di Musi Rawas, Sumatera Selatan 2014 mendatang, kembali diterapkan Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT). Kini giliran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama dengan BPPT mengenai Pengkajian, Penerapan dan Pemasyarakatan Teknologi untuk Mendukung Pembangunan Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan.

“Ini bagian yang sangat strategis terutama di bidang TIK, karena akan menyangkut banyak hal. Salah satunya bagaimana kita memperbaiki pilar-pilar demokrasi, karena ini merupakan bagian bagaimana kita memperbaiki tata kita bermasyarakat dan bernegara memasuki era modern,” ungkap Deputi Kepala BPPT Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi (PKT), Tatang A Taufik seperti dikutip laman bppt.go.id, Jumat (27/6).

Implementasi e-voting di Kabupaten Musi Rawas ini tentu saja perlu disiapkan,  karena menurut Tatang  akan menyangkut banyak hal. Saat ini dari sisi teknis, BPPT melalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) sedang mengembangkan terus kesiapan teknologi dari perangkat-perangkat e-voting. “Karena kedepan kita perlu mempersiapkan berbagai alternatif yang sesuai untuk kondisi sosio cultural Indonesia,” jelas Tatang.

Melalui kerjasama ini Tatang berharap pemanfaatan teknologi e-voting dapat menjadi titik masuk mengembangkan kerjasama kedepan dalam rangka mendukung pembangunan kabupaten Musi Rawas. Kemudian yang penting dalam mengungkit pembangunan di Musi Rawas menurutnya adalah bidang agro.

Sesuai misi kabupaten yang dengan tegas disebutkan mengenai kawasan agropolitan dan pertambangan. Sehingga Kedeputian TAB dan TPSA akan memiliki peran yang terbuka untuk bersama-sama Pemkab Musi Rawas dan stakeholder setempat untuk dapat mempercepat pembangunan.

Keinginan Musi Rawas dalam menerapkan e-voting sendiri telah diajukan pada akhir tahun 2012. Studi banding pun telah dilakukan dengan melihat langsung di Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Boyolali pada pemilihan Kepala Desa dengan metode e-voting.

Sumber:alumniits.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...