Ads by SITTI

Monday, August 5, 2013

BPPT: Semoga Lebih Banyak Lagi Daerah yang Menggunakan e-Voting

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pemilihan umum atau yang dikenal dengan e-Voting selain memberikan jaminan azas Langsung Umum Bebas Rahasia (Luber) juga menimbulkan efisiensi hingga 50 persen biaya pemilu.

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Dr.Ir. Marzan A. Iskandar, MEng saat ditemui di Kantor Desa Mendoyo Dangin Tukad, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Senin (29/7/2013) menyatakan bahwa perbedaan dengan pemilu secara manual adalah penghematan biaya.
"Selain menjamin azas luber, e-Voting juga menghemat biaya untuk logistik dan waktu, khususnya waktu perhitungan suara, semoga ke depan makin banyak yang menerapkannya,"papar Marzan yang didampingi Bupati Jembrana I Gusti Putu Artha dan Staf Ahli Menteri Ristek bidang TIK dan Transportasi, DR. Ir. I Wayan Budiastra, M. Agr.
Lebih lanjut Marzam menyampaikan bahwa pelaksanaan pilkades dengan e-Voting ini merupakan proses edukasi kepada masyarakat tentang pemanfaatan TIK.
Pemilihan kepala desa (Pilkades) di Desa Mendoyo Dangin Tukad ini sebenarnya yang kedua karena sebelumnya Kabupaten Boyolali pernah menyelenggarakan, hanya saja pelaksanaannya dipusatkan di satu tempat yaitu di balai desa, sedangkan di Jembrana pemilihan dilakukan di masing-masing dusun/banjar.
Menurut Kepala Program E-Voting BPPT, Andrari Grahitandaru saat ditemui di TPS 2 Banjar Kebebeng menyampaikan jika e-Voting Pilkades yang sebenarnya seperti di Jembrana, dimana pemungutan suara dilakukan di beberapa TPS kemudian rekap suara dikirim ke kantor desa secara elektronik.
Saat berita ini dionlinekan, pelaksanaan e-Voting masih berlangsung, terlihat juga beberapa perwakilan dari daerah seperti Sragen, Boyolali, Pelalawan dan Musi Rawas sedang meninjau pelaksanaan e-Voting. (gus)

Sumber: Beritabali.com
http://www.beritabali.com/index.php/page/berita/jbr/detail/2013/07/29/BPPT:-Semoga-Lebih-Banyak-Lagi-Daerah-yang-Menggunakan-eminVoting/201307290004

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...