Ads by SITTI

Wednesday, July 23, 2014

Dengan e-Voting Temuan BPPT, Memilih Presiden Tinggal Sentuh Layar

Kabar gembira datang dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Saat ini, BPPT telah menemukan alat e-Voting yang bisa digunakan dalam proses Pemilu mendatang.

Alat ‎ yang ditemukan BPPT itu wujudnya mirip dengan computer tablet. Alat ini berfungsi layaknya kertas suara.

"Sistem e-voting ini adalah sebuah sistem digital yang bisa digunakan mulai dari tahap pembuatan surat suara, pengiriman, pemungutan suara, penghitungan, hingga tabulasi ke data center," kata Kepala Program Sistem Pemilu Elektronik BPPT, Andrari Grahitandaru dalam pemaparan di kantornya, Jl MH Thamrin, Jakpus, Rabu (23/7/2014).

Alat e-Voting itu salah satunya berupa sebuah layar sentuh yang diletakkan di bilik suara. Pemilih, bisa menyalurkan hak suaranya melalui layar sentuh itu.

"Monitor touch screen akan menampilkan calon yang bisa dipilih. Pemilih nanti tinggal menyentuh gambar calon yang akan mereka pilih," jelas Andrari.

Setelah memilih, akan keluar struk bukti telah memberikan hak suara. Struk ini yang kemudian dimasukkan ke dalam kotak suara.

Sistem akan dengan otomatis melakukan tabulasi. Sehingga, penghitungan juga dilakukan dengan cara otomatis.
"Kalau ada yang keberatan, kan ada data yang sudah tersimpan, jadi nanti saksi bisa verifikasi data itu," tutur Andrandri.

Sistem E Voting sendiri sudah diuji coba untuk pemilihan kepala desa di 13 desa yang tersebar di Jawa, Bali dan Sumatera. Hasilnya, masyarakat yang Tinggal di pedesaan pun tak kesulitan untuk menggunakan alat itu.

Mengenai harga, BPPT memperkirakan, kebutuhan tiap TPS sekitar Rp 10 juta. Alat yang disediakan di setiap TPS meliputi scanner e KTP, kartu token pemilih, layar sentuh, dan pencetak struk tanda telah memberikan hak suara.

"Harga perkiraan sekitar Rp 10 juta tiap TPS, tapi alatnya bisa dipakai untuk berkali-kali Pemilu. Kita juga sedang menghitung ulang agar bisa lebih murah," tegas Andrari.

Sumber: Detikcom

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...