Ads by SITTI

Friday, July 18, 2014

Pakar Sarankan Pemilu Indonesia Pakai e-Voting

Jakarta: Pakar ilmu politi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Indria Samego, berpendapat Indonesia sebaiknya menggunakan sistem pemungutan suara secara e-Voting. Tujuannya, kata dia, untuk menanggulangi kecurangan pada saat rekapitulasi suara. "Setidaknya meminimalisasi," ujar Indria di Restoran Horapa, Jakarta Pusat, Kamis, 17 Juli 2014.

Indria mengatakan, beberapa negara berkembang di Asia seperti India juga telah menerapkan sistem tersebut. Tapi memang membutuhkan persiapan yang panjang.

Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari, mengatakan sistem e-Voting memang harus diterapkan di Indonesia. Jika sisem tersebut berjalan, hitung cepat sudah tak diperlukan lagi. Sebab, "suara sudah pasti langsung masuk ke sistem dan kecurangan berkurang drastis."

Qodari menyebutkan beberapa negara yang telah memakai e-voting. Antara lain, Amerika Serikat, negara-negara Eropa Barat, dan India.

Koordinator Komite Pemilih Indonesia, Jerry Sumampow, mengatakan sistem e-voting sangat baik digunakan dalam pemilu di Indonesia. "Untuk meminimalisir kecurangan suara yang seringkali terjadi dalam proses rekapitulasi," kata dia.

Jerry menyebutkan beberapa modus yang kerap digunakan dalam pemilu. Yakni, penambahan suara saat proses rekapitulasi, perbedaan angka peroleha di tempat pemungutan suara dan formulir C1, dan pemilih memilih lebih dari satu kali. "Dengan sistem e-voting, proses rekapitulasi suara bisa dihilangkan, asal dibuat sistem yang bagus," ujar Jerry.

Sumber: TEMPO.CO 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...